Selasa, 29 Maret 2011

Teknologi Reproduksi

a.       Pembastaran/Hibridisasi
Pembastaran/hibridisasi atau perkawinan silang adalah dua individu yang berlainan varietas dalam satu spesies. Tehnik ini dilakukan dengan memperhatikan sifat-sifat yang baik dari individu-individu yang diseilangkan.

b.      Kultur Jaringan
Kultur jaringan adalah cara menumbuhkan sel atau jaringan hewan atau tumbuhan dalam media khusus secara aseptic atau steril.
Keuntungan dari kultur jaringan adalah sebagai berikut.
1)      Dalam waktu singkat dapat menghasilkan bibit yang diperlukan dalam jumlah banyak
2)      Sifat tanaman yang dikultur sesuai dengan sifat tanaman induk
3)      Tanaman yang dihasilkan lebih cepat berproduksi
4)      Tidak membutuhkan area tanam yang luas
5)      Tidak perlu menunggu tanaman dewasa, kita sudah membiakkannya

c.       Radiasi
Radiasi merupakan usaha pengubahan susunan kromosom dan gen secara spontan menggunakan sinar radiasi. Akibatnya, akan diperoleh gen yang bermutasi. Diharapkan mutan (makhluk hidup yang bermutasi) yang dihasilkan bersifat unggul. Namun sayangnya, tidak semua mutan yang dihasilkan bersifat unggul.

b.      Inseminasi Buatan (Kawin Suntik)
Inseminasi buatan adalah proses memasukkan sel spermatozoa hewan jantan ke dalam tubuh hewan betina dengan bantuan alat suntik. Keuntungan inseminasi buatan yaitu dalam proses fertilisasi tidak membutuhkan hewan jantan, hanya membutuhkan spermanya saja.

c.       Bayi Tabung
        Bayi tabung adalah bayi yang merupakan hasil pembuahan yang berlangsung di dalam tabung.                  Teknologi ini sebenarnya merupakan kelanjutan dari teknologi inseminasi buatan. Hanya saja, proses pembuahan pada bayi tabung terjadi di luar tubuh, sedangkan inseminasi terjadi di dalam tubuh.

d.      Kloning (Pengklonan)
        Pengklonan merupakan proses untuk menghasilkan keturunan yang identic dengan induknya secara aseksual pada hewan tingkat tinggi. Caranya dengan mengambil inti sel telur dan menggantinya dengan inti sel dewasa dari suatu organ tubuh. Setelah itu, hasilnya ditanam dalam Rahim induk yang dititipi.
e.       Makhluk Hidup Transgenik
        Makhluk  hidup transgenic sering juga disebut sebagai GMOs (Genetically Modified Organisms) yang merupakan hasil rekayasa genetika. Tehnik ini mengubah faktor keturunan untuk mendapatkan sifat baru.  Tehnik ini dikenal dengan “rekayasa genetika” atau teknologi plasmid.

f.      Hidroponik
        Hidroponik merupakan tehnik penanaman tanaman secara modern tanpa menggunakan tanah. Media tanaman ini berupa air dan bahan-bahan bersifat porus deperti arang sekam, batu apung, dan pasir. Dengan tahnik ini, kebutuhan unsur-unsur hara terpenuhi dan dapat diatur dengan cara disiram melalui pipa-pipa air.
   Keuntungan bercocok tanam dengan tehnik hidroponik adalah sebagai berikut.
1)      Tidak menggunakan lahan yang luas, bisa dilakukan di dalam ruangan. Tehnik ini cocok diterapkan di daerah perkotaan yang tidak memiliki lahan pertanian
2)      Hemat dalam penggunaan pupuk karena diberikan secara teratur sesuai dengan kebutuhan
3)      Bebas dari serangan hama dan penyakit yang berasal dari dalam tanah
4)      Menghasilkan tanaman yang bersih dan bermutu
 g.       Aeroponik
        Penanaman aeroponik adalah menumbuhkan tanaman dengan membiarkan akar-akarnya bergantungan. Pemberian nutrisinya dilakukan dengan cara menyemprotkan unsur hara secara periodik. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar